Prinsip Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran
Prinsip Manajemen Pemasaran termasuk menganalisa pasar, perencanaan pasar, pelaksanaan rencana dan penguasaan pasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk masuk ke dalam pertukaran dengan pelanggan. Setelah perusahaan memahami lingkungan pemasaran,mulailah bereaksi untuk itu dan mengumpulkan hasil, ia mampu mengevaluasi dampak kegiatannya. Dalam perusahaan besar, manajemen pemasaran biasanya ditangani oleh manajer pemasaran, sementara di perusahaan-perusahaan kecil, pemilik dapat memimpin dalam kegiatan pemasaran.

1. Analisis Pasar

Analisis pasar termasuk mengambil melihat aktivitas perusahaan masa lalu, sekarang dan masa depan. Dengan mayoritas fokusnya adalah pada kegiatan masa depan, manajer pemasaran menggali informasi seperti kompetitif, ekonomi, sosial, politik dan lingkungan hukum. Manajer pemasaran menggunakan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman dalam pasar. Mereka juga mengevaluasi tren, pertumbuhan, ukuran pasar, saluran distribusi dan bahkan biaya. Semua aspek mempengaruhi bagaimana, kapan, mengapa dan apa yang orang beli, jadi penting untuk membawa mereka ke dalam pertimbangan.

2. Pasar Perencanaan

Setelah menganalisis pasar, manajer pemasaran dapat datang dengan rencana pemasaran, yang detail bagaimana mereka akan mencapai target pasar perusahaan. Mereka juga datang dengan tujuan pemasaran terukur berdasarkan pada tujuan perusahaan. Aspek manajemen pemasaran mengambil rincian seperti produk, penempatan, harga, kemasan, posisi, orang-orang dan promosi

3. Pasar Implementasi

Ketika manajer pemasaran menempatkan penelitian dan perencanaan pasar ke dalam tindakan, itu disebut sebagai aspek pelaksanaan pasar pengelolaan pasar. Manajer pemasaran membayar perhatian khusus pada waktu kegiatan masing-masing dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Contoh kegiatan pemasaran meliputi peluncuran website, promosi kupon, mendistribusikan potongan direct mail, iklan radio, iklan dan pemasaran melalui email.

4. Pasar Kontrol

Setelah implementasi, manajer pemasaran meninjau hasil dari setiap kegiatan pemasaran untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan. Satu-satunya cara yang benar untuk mengetahui apakah kampanye itu sukses adalah untuk menempatkan langkah-langkah di tempat untuk mengevaluasi situasi pasar setelah rencana diimplementasikan. Penguasaan pasar dapat mencakup survei pelanggan, mengevaluasi penjualan dan umpan balik dan pelacakan pembelian berulang.

5. Marketing Manager

Manajer pemasaran memainkan peran integral dalam mengikuti prinsip-prinsip manajemen pemasaran dari awal sampai akhir. Menurut "Outlook Handbook Kerja," manajer pemasaran bekerja lebih dari 40 jam seminggu. Sulit untuk menentukan gaji mereka, karena mereka bervariasi tergantung pada pengalaman, lokasi, beban kerja, pendidikan dan bahkan ukuran perusahaan. Paling sering, mereka mengadakan sarjana atau gelar master dalam administrasi bisnis.